Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Pastinya Anda suka dengan semangka bukan? Nama latin semangka adalah Citrullus lanatus, masuk kedalam suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae. Buah berdaging merah yang sangat lezat dan menyegarkan ini baik untuk kesehatan lho. Selain tinggi akan vitamin C dan A, ternyata buah semangka memiliki kandungan kalori yang rendah. So, cocok banget buat Anda yang sedang diet.

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Bagi yang ingin tau beberapa khasiat buah semangka, langsung aja kita simak 8 manfaat buah semangka bagi kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi dan Senyawa yang Bermanfaat

Buah ini mengandung kalori yang bisa dibilang cukup rendah ketimbang buah-buahan manis lainnya, hanya sekitar 46 kalori per cangkir.

Kandungan Semangka

Berikut adalah kandungan semangka, seperti Nutrisi, vitamin dan Mineral dalam secangkir semangka (154 gram):

  • Vitamin C: 21%
  • Vitamin A: 18%
  • Kalium: 5%
  • Magnesium: 4%
  • Vitamin B1, B5 dan B6: 3%

Semangka juga tinggi karotenoid, termasuk beta-karoten dan likopen. Plus, ia memiliki citrulline serta asam amino penting.

Antioksidan pada semangka

Berikut ini adalah antioksidan terpenting dari buah semangka:

Vitamin C
Vitamin C adalah antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel dari radikal bebas.

Karotenoid
Karotenoid adalah kelas senyawa tanaman yang mencakup alpha-karoten dan beta-karoten, yang diubah oleh tubuh Anda menjadi vitamin A.

Likopen
Likopen adalah jenis karotenoid yang tidak berubah menjadi vitamin A. Antioksidan ampuh ini yang memberikan warna merah pada makanan, seperti tomat dan semangka, serta terkait dengan banyak manfaat kesehatan.

Cucurbitacin E
Cucurbitacin E adalah senyawa tumbuhan dengan efek antioksidan dan anti-inflamasi. Pare (kerabat semangka) mengandung lebih banyak cucurbitacin E.

2. Mencegah Dehidrasi

Minum air putih adalah cara paling penting untuk menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Namun mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggu juga akan membantu. Semangka memiliki kandungan 92% air, so, itu bagus untuk menjaga tubuh Anda terhindar dari dehidrasi.

Kandungan air yang tinggi adalah salah satu alasan mengapa buah dan sayuran membantu Anda merasa kenyang. Kombinasi air dan serat berarti Anda mengonsumsi banyak makanan tanpa banyak kalori. Sempurna bukan untuk menu diet harian Anda!

3. Bagus untuk Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Faktor gaya hidup, termasuk diet, dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke dengan mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol. Kandungan semangka memiliki beberapa nutrisi yang bermanfaat khusus untuk kesehatan jantung.

Studi menunjukkan bahwa likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Selain itu juga dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif terhadap kolesterol.

Menurut sebuah penelitian pada wanita pasca menopause dan pria di Finlandia, likopen juga dapat membantu mengurangi kekakuan dan ketebalan dinding arteri.

Selain itu, Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Nitrit oksida membantu pembuluh darah Anda mengembang, yang akan menurunkan tekanan darah.

Vitamin dan mineral lainnya yang terkandung dalam dalam semangka juga baik untuk jantung Anda. Ini termasuk vitamin A, B6, C, magnesium dan kalium.

4. Membantu Mencegah Kanker

Manfaat buah semangka bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Para peneliti telah mempelajari likopen serta senyawa lainnya dalam buah merah ini untuk efek anti kanker mereka.

Meskipun asupan likopen terkait dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker, hasilnya beragam. Hubungan yang paling kuat sejauh ini adalah antara likopen dan kanker sistem pencernaan.

Kandungan likopen sendiri dipercaya dapat mengurangi risiko kanker dengan menurunkan faktor pertumbuhan seperti insulin (IGF), protein yang terlibat dalam pembelahan sel. Tingkat IGF tinggi bisa menyebabkan kanker.

Selain itu, cucurbitacin E telah diteliti karena kemampuannya dipercaya bisa menghambat tumbuhnya tumor.

5. Dapat Membantu Meredakan Nyeri Otot

Citrulline (asam amino dalam semangka) diketahui dapat mengurangi nyeri pada otot. Menariknya, jus semangka juga dipercaya dapat meningkatkan ketersediaan bio citrulline.

Sebuah studi kecil dilakukan dengan memberi atlet jus semangka biasa, jus semangka dicampur dengan citrulline atau minuman citrulline. Kedua minuman tersebut menyebabkan rasa sakit otot berkurang dan pemulihan denyut jantung lebih cepat, dibandingkan dengan citrulline sendiri.

Jadi untuk Anda yang suka pegal-pegal atau nyeri pada otot sehabis berolahraga, tidak ada salahnya untuk mencoba minum jus semangka untuk mengurangi nyeri pada otot Anda. Karena khasiat buah semangka sudah tidak bisa diragukan lagi.

6. Bagus untuk Kulit dan Rambut

Dua vitamin dalam semangka, yaitu vitamin A dan C, sangat penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C membantu tubuh Anda memproduksi kolagen, protein yang membuat kulit Anda lentur dan rambut Anda kuat. Kandungan semangka lainnya, yaitu Vitamin A juga penting untuk kulit yang sehat, karena membantu menciptakan dan memperbaiki sel-sel kulit. Tanpa cukup vitamin A, kulit Anda akan terlihat kering dan bersisik.

Selain itu, kandungan likopen dan beta-carotene juga dapat membantu melindungi kulit Anda dari sengatan matahari.

7. Baik untuk Sistem Pencernaan

Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat, dimana keduanya penting untuk pencernaan yang sehat. Seperti yang telah kita ketahui, serat bagus untuk pencernaan, sementara air membantu menjaga saluran pencernaan Anda bergerak dengan efisien.

Dengan rutin mengonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan, maka Anda akan terbebas dari masalah susah buang air besar.

8. Dapat Menurunkan Peradangan dan Stres Oksidatif

Manfaat buah semangka yang terakhir adalah menurunkan peradangan serta stres oksidatif. Peradangan adalah pendorong utama banyak penyakit kronis. Semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif, karena buah semangka kaya antioksidan, anti-peradangan, likopen dan vitamin C.

Dalam sebuah studi dimana manusia diberi jus tomat kaya likopen dengan tambahan vitamin C, hasilnya secara keseluruhan penanda peradangan mereka turun dan antioksidan naik. Dalam semangka pun memiliki kandungan likopen dan vitamin C. So, itu akan memberikan manfaat yang sama baiknya.

Sebagai antioksidan, likopen juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Misalnya, likopen dipercaya dapat membantu menunda timbul dan perkembangan penyakit Alzheimer.

Kesimpulan Khasiat Buah Semangka

Semangka adalah buah yang sangat sehat. Ini memiliki kandungan air yang tinggi dan juga memberikan banyak nutrisi penting lainnya, termasuk likopen dan vitamin C. Dimana likopen sendiri memiliki banyak khasiat bagi kesehatan Anda. Ditambah lagi kandungan vitamin C yang kita tahu adalah antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Seperti yang telah dijelaskan diatas selain mengandung likopen dan vitamin C, kandungan semangka lainnya juga sangat berguna untuk tubuh dan kesehatan.

Setelah kita tau beberapa manfaat buah semangka bagi kesehatan diatas, jangan ragu lagi untuk ruitn mengonsumsi buah lezat ini. Jangan lupa harus diimbangi gaya hidup sehat serta olahraga teratur untuk hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat!

Sumber: Manfaat Semangka Bagi Kesehatan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s